DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KOTA SEMARANG

  • bagi warga Kota Semarang umur 17 tahun lebih 1 hari segera lakukan perekaman KTP-el di TPDK Disdukcapil yang ada di Kecamatan setempat
  • Disdukcapil Kota Semarang Mendukung Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi melalui pemberian Pelayanan Administrasi Kependudukan secara Cepat, Mudah, Akurat dan Bebas Pungutan
  • Lebih dari satu KTP dapat Sanksi ! UU no.23/2006 tentang Adminduk pasal 97 : Pidana penjara maks. 2 Tahun dan/denda Rp. 25 Juta
  • pengurusan KTP Elektronik di TPDK Disdukcapil yang ada di Kecamatan setempat dengan melampirkan fotocopy KK dan KTP/Akta Kelahiran
  • Urus pelayanan E-KTP,KK dan Akte Kelahiran/Kematian Sendiri

PENDAFTARAN ONLINE DISDUKCAPIL KOTA SEMARANG

Ditulis pada 16 Maret 2020 Print Friendly and PDF


Sebagai upaya kemudahan pelayanan publik bidang Administrasi Kependudukan di dalam darurat kesehatan, pencegahan dan mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID-19), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang menghimbau warga Kota Semarang agar melakukan pendaftaran layanan online secara mandiri dari rumah. Untuk itu tehitung mulai Senin (16 Maret 2020), Dinas Dukcapil Kota Semarang telah menambah menu layanan yang semula 3 (tiga) jenis menjadi 9 (sembilan) jenis.

“Kami telah melakukan sosialisasi dan pelatihan layanan OnLine di 16 Kecamatan sejak bulan Pebruari, untuk itu menghibau masyarakat agar tetap tenang meski dalam darurat kesehatan pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19) ini, mari memulai melayani secara mandiri layanan Administrasi Kependudukan, dan bagi warga Kota yang mengalami keterbatasan akses internet, monggo dapat ke kantor kelurahan masing-masing yang nantinya akan dibantu dan dipandu dalam proses pendaftaran serta upload dokumen persyaratan oleh petugas registrasi/petugas IT,” kata Drs. Adi Tri Hananto Kepala Dinas Dukcapil Kota Semarang, Minggu (15 Maret 2020). 

Pendaftaran OnLine dapat diakses melalui laman http://www.dispendukcapil.semarangkota.go.id/halaman-pendaftaran-online http://eservices.dispendukcapil.semarangkota.go.id/ Pada laman tersebut, warga bisa melakukan pelaporan berbagai macam pengurusan Administrasi Kependudukan, meliputi permohonan akta kelahiran, akta kematian, KTP Elektronik, Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga (KK), Perpindahan Keluar, Kedatangan, Update Data dan Layanan Lain.

 “Untuk permohonan akta perkawinan dan akta perceraian masih perlu dilakukan di Dinas Dukcapil, karena aplikasi dalam proses pengembangan dan khusus untuk perekaman data biometrik KTP Elektronik (foto, Sidik Jai, Iris Mata dan Tanda Tangan) juga masih dilakukan di Tempat Perekaman Data Kependudukan (TPDK) Dinas Dukcapil Kecamatan, Bis Keliling Adminduk atau ke Kantor Dinas Dukcapil Jl. Kanguru Raya No.3,” ujar Kepala Dinas Dukcapil