DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KOTA SEMARANG

  • bagi warga Kota Semarang umur 17 tahun lebih 1 hari segera lakukan perekaman KTP-el di TPDK Disdukcapil yang ada di Kecamatan setempat
  • Disdukcapil Kota Semarang Mendukung Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi melalui pemberian Pelayanan Administrasi Kependudukan secara Cepat, Mudah, Akurat dan Bebas Pungutan
  • Lebih dari satu KTP dapat Sanksi ! UU no.23/2006 tentang Adminduk pasal 97 : Pidana penjara maks. 2 Tahun dan/denda Rp. 25 Juta
  • pengurusan KTP Elektronik di TPDK Disdukcapil yang ada di Kecamatan setempat dengan melampirkan fotocopy KK dan KTP/Akta Kelahiran
  • Urus pelayanan E-KTP,KK dan Akte Kelahiran/Kematian Sendiri

Semarang Terbaik ke Tiga Pelayanan e-KTP

Ditulis pada 04 Pebruari 2015 Print Friendly and PDF

JAKARTA, - Kota Semarang berhasil meraih Terbaik III wilayah Barat terkait dengan pelayanan e-KTP. Terbaik I diraih Kabupaten Bogor dan terbaik II diraih Kabupaten Padang Pariaman. 

Atas prestasi ini Kota Semarang meraih hadiah satu sepeda motor honda. Sedangkan Kabupaten Bogor meraih hadiah Toyota Innova, dan Padang Pariaman meraih Toyota Avanza. Hadiah tersebut diserahkan Mendagri Gamawan Fauzi pada Rakornas Persiapan Penyerahan Data Penduduk Potensil Pemilih Pemilu (DP4)  di Hotel Sahid Jaya, Selasa (29/1).

Dalam sambutannya, Mendagri mengatakan berdasarkan Pasal 32 ayat 1 UU Nomor 8 Tahun 2012 tentang  Pemilu, mengamanatkan bahwa DP4 harus disediakan Pemerintah dan Pemerintah Daerah sebagai bahan bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam menyusun Daftar Pemilih Sementara (DPS).

"DP4 yang akan diserahkan ke KPU itu, bersumber dari Database Kependudukan Kabupaten/Kota yang telah diintegrasikan dengan hasil perekaman e-KTP oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri," kata Mendagri.

Gamawan menambahkan dalam UU Pemilu pula diamanatkan bahwa DP4 harus sudah tersedia dan diserahkan oleh Pemerintah kepada KPU paling lambat 14 bulan sebelum hari pemungutan suara.  

"Penyediaan DP4 yang akurat dan tepat waktu merupakan komitmen kita bersama untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu. Saya apresiasi Pemkab dan Pemkot yang telah memberikan pelayanan terbaik e-KTP yang merupakan sumber Database Kependudukan," kata Gamawan.

 

 

( Hartono Harimurti / CN19 / JBSM - http://www.suaramerdeka.com)